Punya Masalah Kesehatan, Segera Konsultasikan Dengan Dokter Spesialis

Punya Masalah Kesehatan, Segera Konsultasikan Dengan Dokter Spesialis – Jika kita sakit, dokter adalah salah satu tujuan kita untuk berobat. Akan tetapi tidak semua penyakit dapat di tangani oleh dokter umum. Akan tetapi ada juga beberapa penyakit yang di tangani oleh dokter khusus atau biasa di sebut dengan dokter spesialis. Terutama penyakit dalam sangat memerlukan dokter spesialis agar lebih aman.

Tidak mudah untuk menjadi seorang dokter spesialis, karena dokter spesialis ini dokter yang hanya memfokuskan diri dalam suatu bidang. Karena pada umumnya penyakit dalam memiliki berbagai macam jenisnya. Maka dari itu seorang dokter harus mengenali berbagai macam gejala atau jenis dari penyakit tersebut.

Penyakit yang Membutuhkan Dokter Spesialis

Berikut ini adalah beberapa penyakit yang dapat di tangani oleh dokter spesialis. Jika anda mempunyai penyakit salah satunya di bawah ini. sebaiknya anda langsung memeriksakan penyakit tersebut ke dokter spesialis penyakit ini adalah penyakit umum yang dapat kita temukan dan tergolong penyakit ini sangat serius. Inilah beberapa penyakit yang harus menggunakan dokter spesialis

1.      Alergi Imunologi Klinik

Penyakit ini merupakan penyakit yang berhubungan dengan sistem kekebalan badan atau biasa di sebut dengan imunitas tubuh. Contoh penyakit yang berkaitan dengan imunitas biasanya penyakit asma, biduran, alergi makan. Penyakit imunologi dan masih banyak lagi. Maka dari itu imunitas yang kurang kuat akan sangat mempengaruhi tubuh anda nantinya dan gampang untuk terserang penyakit.

2.      Gastroentero-Hepatologi

Umumnya penyakit ini berhubungan denga didtem pencernaan organ hati. Biasanya cara dokter untuk mecegah penyakit ini yaitu memberi obat unutk ganggua pankreas, kantong empedu, perut, usus halus, dan usus besar. contoh dari prnyakit ini adalah hepatitis, kanker pada saluran cerna dan hati. Dan masih banyak lainnya.

3.      Ginjal Hipertensi

Gangguan ini biasanya berhubungan dengan gangguan ginjal. Biasanya tekanan darah yang lebih atau kompleks yang tidak terkendali. Contoh penyakit ini seperti gagal ginjal atau bisa juga di sebut dengan kronis, sindrom nefrotik dan batu saluran kemih.

Mungkin anda masih bertanya-tanya apasih sebenarnya penyakit ini sehingga harus memerlukan seorang dokter spesialis penyakit dalam. Penyakit ini adalah spesialisasi untuk diagnosis, perawatan dan pencegahan penyakit terhadap orang yang sudah dewasa. Penyakit yang sudah termasuk dalam spesialisasi medis akan di tangani oleh dokter spesialis atau disebut juga dengan internist.

Beberapa Penyakit Yang Harus di Konsultasikan Ke Dokter Spesialis

Dokter spesialis adalah salah satu dokter yang memiliki pengetahuan yang menyeluruh mengenai medis ataupun penyakit yang bisa mempengaruhi organ tubuh yang lebih serius. Untuk penyakit yang lebih serius biasanya di tangani oleh dokter spesialis yang sudah handal. Inilah penyakit dalam yang bisanya di tangani oleh dokter spesialis dalam berbagai bidang.

1.      Bidang alergi imunologi klinik

bidang ini adalah bidang yang berhubungan dengan sistem kekebalan tubuh seseorang atau biasa disebut dengan imunitas. Penyakit ini juga berhubungan dengan interprestasi pemeriksaan yang menunjang labotarium. Pemeriksaan ini sangat penting karena untuk mendiagnosis dan menangani penyakit yang berkaitan dengan kekebalan. Contoh penyakit ini biasanya asma, rhinitis alergi, biduran dan masih banyak lainnya.

2.      Bidang gastroentero-hepatologi

Bidang ini yang menangani penyakit yang berhubungan dengan sistem pencernaan organ hati. Bidang ini juga bisa mencegah gangguan pancreas, kantong empedu, usus halus, usus besar dan masih banyak lainnya. Contoh penyakit ini antara lain hepatitis, pankreatitis dan juga kanker pada bagian saluran cerna dan hati.

Baca Juga: Mengenali Gejal Penyakit Dalam Seperti Usus Buntu

3.      Bidang ginjal hipertensi

Bidang ini melibatkan gangguan ginjal, tekanan darah tinggi yang tidak teratur, ataupun tekanan darah yang kompleks. Bidang ini juga bisa menangani pasien yang membutuhkan transpantasi ginjal atau pasien hemodialysis atau biasa di sebut dengan cuci darah. Contoh penyakitnya adalah gagal ginjal, sindrom nefrotik, dan batu seluruh kemih.

Itulah beberapa penyakit dalam yang dapat di tangani oleh dokter spesialis dalam berbagai bidang. Jika anda memiliki salah satu dari penyakit tersebut, sangat di sarankan untuk langsung ke rumah sakit dan berkonsultasi dokter spesialis ke bidang yang menangani penyakit anda tersebut.

Leave a Comment