Kenali Beberapa Faktor Penghambat Menulis

Faktor Penghambat Menulis – Menulis merupakan salah satu hal yang sering kita dengar, bahkan kita lakukan setiap hari. Bahkan siapa saja boleh dan bisa menulis sebagai salah satu cara untuk menyajikan informasi. Untuk bisa menyampaikan informasi ke public salah satu hal yang dilakukan adalah menulis.

Namun, berdasarkan pengalaman, tidak semuanya orang telaten atau rajin dalam menulis, meskipun sebenarnya ada sebuah tuntutan untuk pekerjaan yang mengharuskan kita menulis. Terkadang kita masih saja semangat, namun ditengah-tengah menulis kehabisan ide-ide. Nah, mari kita kenali beberapa faktor dan bagaimana cara menumbuhkan ide menulis kembali. Sehingga Anda akan tahu bagaimana tips menulis yang baik.

Faktor Penghambat Menulis

Kita tahu bahwa banyak sekali penyajian informasi dalam bentuk tulisan ini tidak segampang orang berkat-kata. Menulis butuh dengan pengalaman yang baik. Artinya adalah, orang yang sering menulis, mereka akan menjadi terbiasa dan tidak sulit untuk membuat tulisan.

Tapi yang menjadi kendala dalam menulis bukan persoalan bisa menulis atau tidak. Banyak sekali penyebab-penyebabnya. Mari kita simak ulasan dalam artikel ini:

1.      Malas

Biasanya orang yang sulit untuk membuat tulisan, hal itu bukan karena dia tidak bisa membuat kata-kata dalam bentuk tulisan. Namun salah satu faktornya adalah malas. Malas merupakan salah satu sifat yang hanya dimiliki oleh seseorang yang tidak menginginkan adanya perubahan pada dirinya. Terkadang niatan menulis ada, tapi malas melanda, tulisan Anda tidak akan pernah jadi.

2.      Tidak Tahu Tujuan Menulis

Orang yang punya keinginan menulis harus didorong dengan maksud dan tujuan apa menulis. Karena, menentukan maksud dan tujuan menulis akan memberikan inspirasi kepada Anda semuanya alur cerita tulisan Anda.

3.      Tidak Punya Banyak Referensi

Kunci orang menulis itu ada pada diri sendiri, salah satunya adalah punya banyak referensi yang akan dituliskan. Untuk mendapatkan banyak referensi tentunya banyak pengetahuan, hal itu bisa Anda lakukan banyaklah membaca-baca, baik baca buku maupun referensi dari internet.

4.      Merasa Waktunya Habis Untuk Menulis

Kapan Anda bisa menulis, jika dalam minset sudah tertanam bahwa tidak ada waktu untuk menulis. Tidak ada orang yang tidak beraktivitas di dunia ini, namun tetap saja aktivitas itu kita sendiri yang mengatur.

Sehingga kapan saja kita mau berhati dan meluangkan waktu untuk bisa menulis itu hal yang mudah sebenarnya. Hanya saja kita tidak ounya keyakinan yang kuat untuk itu. Sehingga Anda tidak bisa mengekspos ide-ide Anda dalam bentuk tulisan.

5.      Kehabisan ide Menulis

Yang sering terjadi dari faktor penghambat menulis adalah kehabisan ide. Nah, hal ini kerap sekali dirasakan oleh siapa saja, termasuk diri saya sendiri. Padahal, ide sebenarnya ada di mana-mana, ada di sekeliling kita, baik dari buku maupun lingkungan sekitar.

Bahkan ketika kita berinteraksi dengan orang lain, kita dapat memunculkan ide. Yang paling penting adalah mengasah diri kita untuk lebih peka terhadap lingkungan sehingga apa yang kita amati dapat kita tuliskan.