Google Luncurkan Situs Baru Google Location History

Situs Baru Google Location HistoryDalam sebuah kasus Covid-19 ini, beberapa fitur yang diluncurkan google tengah membantu efektivias lockdown. Google kini tengah meluncurkan berbagai mobilitas layanan bagi pengguna android di berbagai Negara termasuk Negara Indonesia.

Adapun laman ini menurut google dapat membantu meningkatkan berbagai efektivitas lockdown. Salah satu yang diluncurkannya adalah fitur ‘Location History’ yang diaktifkan pengguna Android dalam mengumpulkan setiap data.

Google telah mengklaim bahwa dirinya tidak mengambil data pribadi dari pengguna. Melainkan telah sesuai dengan kebijakan privasi dari dalam Google Maps. Adapun laporan itu mencakup persentase keramaian dari 6 kategori tempat.

Diantaranya Ritel dan rekreasi, toko kelontong dan farmasi, Taman, Stasiun transportasi, tempat kerja, dan tempat tinggal, dirangkum dari Theverge.

Bagaimana fitur location history  ini berkerja?

Di Indonesia, Google juga melaporkan persentase mobilitas dari banyaknya pengguna yang tercatat hingga 50%. Tercatat, untuk kategori ritel dan rekreasi berhasil menurun hingga 47 persen.

Hal ini juga berlaku pada kategori taman bermain yang berkurang hingga 52% dibanding hari biasa sebelum pandemic Covid-19 muncul. Sementara, penurunan yang cukup drastis bisa dilihat pada kategori stasiun transportasi.

Google juga mengatakan bahwa tingkat keramaian di stasiun transportasi maupun transportasi umum menjadi 54% lebih sepi. Kemudian kategori tempat tinggal area perumahan mengalami peningkatan sebanyak 15% jika dibanding dengan angka baseline yang dibuat Google.

Hal ini menandakan bahwa banyak masyarakat Indonesia yang mengikuti anjuran pemerintah Indonesia untuk tetap dirumah aja.

Sejauh ini, laporan memuat informasi sudah tersedia di 131 negara yang bisa dilihat oleh siapapun. Nantinya, Google bakal terus melakukan pembaruan informasi setiap 2 sampai 3 hari ke depan.

Cara mengelola Location History di Android Anda

Jika Anda ingin mencari dan mengelola google Location History pada Android Anda. Maka salah satunya adalah dengan cara perangkat Android yang anda pergunakan akan secara berkala mengirimkan laporan.

Jika misalnya anda sering memakai Google Maps dan ternyata Settings lokasinya adalah full, maka transmisi data bisa lebih sering. Sebenarnya fitur penyimpanan lokasi sangat berguna, sebab anda bisa memantau arah perjalanan secara lebih jelas.

Jika Smartphone tidak terlalu sering dipergunakan, maka pengumpulan informasi untuk lokasi juga menjadi berkurang frekuensinya. Jika anda ingin mengelola informasi tersebut, sebenarnya mudah saja. Silakan menuju menu History pada akun Google anda. Silakan ikuti saja link tersebut, nanti anda akan sampai pada menu Location History.

Selanjutnya anda akan menemukan dua pilihan lagi, Delete History From This Day dan Delete All History. Nah, opsi manapun dari keduanya bisa dipilih. Tentu saja anda harus lebih berhati-hati sebelum menentukan salah satu pilihan.

Anda juga perlu tahu bahwa ada tool ekspor tersedia disana. Anda bisa mengamankan data terlebih dahulu dengan format KML. Info lokasi merupakan salah satu data penting yang tersimpan di dalam Smartphone. Jadi mungkin anda tidak ingin begitu saja menghapus semua data yang telah dikumpulkan selama ini.

Jika anda aktif memakai Google Now, maka data yang tersimpan tersebut akan lebih mudah memberikan petunjuk. Jika opsi menghapus history untuk 1 hari saja masih belum cukup, anda bisa mencoba opsi berikutnya, yakni menghapus semua history.

Namun sudah yakinkah anda untuk melakukan itu? Prosesnya memang mudah, anda hanya perlu menyentuh opsi tersebut dan semua data tersimpan akan dibersihkan. Kedua opsi ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jik anda tidak ingin kehilangan data, opsi membersihkan semua history mungkin adalah jalan terakhir.

Fitur GPS adalah salah satu yang paling penting dari Smartphone. Jadi anda tidak bisa begitu saja menghapus semua data tersimpan terlebih jika anda sangat membutuhkan fitur tersebut. Sekian informasi tentang cara mengelola Google Location history pada Android.