Ingin Jadi Pengusaha Sukses, Nyatanya Masih Takut Sama 4 Mitos Ini

Ingin jadi Pengusaha Sukses? Sudah siapkah kalian dengan tantangannya? Saya pernah membaca dibeberapa artikel dan berdiskusi langsung dengan beberapa pengusaha-pengusaha. Ternyata ada 4 mitos yang mesti kita hindari. Nah, sebagai seorang pengusaha setidaknya bentengi pemikiran-pemikiran yang menjadikan Anda kendor.

1. Katanya Orang, Pengusaha Harus Gila Kerja

Keseimbangan bekerja adalah hal utama katanya atau work-life balance. Iya sih, tapi kalian tidak usah berfikir bahwa bisnismu itu harus kalian lakukan sendiri alias gila kerja. Kalian bisa mencari patner kerja, dan tidak harus kerja sendiri. Jangan pernah berfikir bisnis ini akan kalian jalankan sendiri. Kalian harus merubah minset berfikir, bagaimana bisnis bisa dijalankan dengan patner. Jadi kalian tidak sendirian dalam menjalankan bisnis. Sehingga waktumu akan lebih bermakna untuk keluarga.

2. Katanya Orang, Jadi Pengusaha Itu Bawaan Sejak Lahir

Pernahkan mendengar orang bicara bahwa seorang pengusaha sukses itu karena mereka bakat jualan, bakat bisnis sejak kecil atau bawaan dari keluarga. Mungkin itu hanya beberapa dari sekian orang-orang yang sukses berbisnis diluar sana. Karena jika minset itu terus dipupuk, seorang yang tidak punya bakat bisnis sejak dini atau sebelumnya keluarga punya bisnis, maka kalian tidak akan pernah sukses dan tidak akan pernah mempunyai bisnis. Karena kalian akan takut gagal dll.

Padahal seseorang bisa menjadi wirausahawan selama mereka memiliki keinginan, motivasi, pikiran terbuka, keberanian, dan kemampuan untuk mengubah masalah menjadi peluang.

3. Katanya Orang, Menjadi Pengusaha Harus Mempunyai Ide Besar

Aakah ide besar itu diperlukan dalam bisnis? Tentu! Namun, jangan selalu bergantung pada ide-ide besar. Karena jika kalian tidak mempunyai ide besar, mustahilkan untuk mewujudkan sebuah bisnis. Nah, maka dari itulah Anda harus merubah minset untuk memulai sebuah bisnis dengan ide-ide kecil. Karena sesungguhnya ide-ide besar itu berawal dari ide kecil yang berani kita realisasikan. Kemudian akhirnya dari dampak itulah bisnis Anda akan menjadi besar.

4. Katanya Pengusaha Harus Memiliki Uang Banyak

Usaha apa yang tidak membuatuhkan Uang? saya rasa semuanya tetap butuh uang. Tapi jangan batasi pemikiran kita hanya tidak mempunyai uang banyak akhirnya tidak jadi merealisasikan ide bisnis kita. Jangan sampai hal itu terjadi ya. Bisnis tidak melulu soal banyaknya uang terlebih dahulu. Terkadang banyak hal penting selain uang yang harus kita perhatikan, salah satunya adalah dukungan moril dari orang-orang terdekat kita, relasi dan juga kegigihan kita untuk selalu mengasah skill dalam mempromosikan produk-produk kita.

Itulah beberapa mitos berbisnis yang sering dikaitkan dengan menjadi seorang pengusaha. Gak perlu Anda stres, yang terpenting adalah fokus terhadap tujuanmu. Never Ending Learning