Meningkatkan Imunitas Tubuh Pada Saat Pandemi Virus Corona

Meningkatkan Imun TubuhCovid – 19 kini menjadi pandemi kita bersama, hal ini terus menjadi kewaspadaan kita semaunya. Menurut Immune Deficiency Foundation, virus yang menyerang sistem pernapasan ini mudah menular melalui kontak perorangan secara langsung. Apalagi bagi orang yang memiliki imunitas sangat rendah, maka berisiko tinggi terinfeksi Covid-19.

8 Cara Meningkatkan Imun Tubuh

Maka dari itu beberapa cara cegah virus Corona adalah dengan cara meningkatkan imun tubuh. Banyak sekali cara yang bisa kita lakukan di dalam meningkatkan imunitas tubuh. Dikutip dari ulasan Instalasi Gizi RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo dan sumber media kesehatan lainnya. Beberapa hal ini menjadi penting untuk dilakukan dalam pencegahan virus Corona:

1.      Rajin Cuci Tangan

Salah satu hal yang bisa kita lakukan adalah rajin mencuci tangan. Mencuci tangan adalah upaya di mana kita bersih dari kuman. Cucilah tangan menggunakan sabun. Anjuran yang terbaik salah satunya adalah setelah memegang benda harap cuci tangan yang bersih menggunakan sabun. Jika Anda setelah habis bepergian dari tempat umum seperti kantor, tempat makan dan lainnya, segera langsung bersihkan badan (mandi) dan jangan lupa untuk segera cuci baju yang dipakai.

2.      Tetap lakukan jaga Jarak Dengan Orang Lain (Sosial Distancing)

Jaga jarak atau social distancing dengan orang lain untuk sementara waktu juga sangat perlu Anda lakukan. Cara seperti ini adalah salah satu bagian dari menjaga imun tubuh Anda. Sebab, kita tidak pernah tahu orang yang berada di sekitar kita sedang sakit atau tidak. Hal ini menjadi salah satu kewaspadaan agar tubuh Anda selalu sehat.

3.      Konsumsi makanan Yang bergizi

Mengkonsumsi makanan yang bergizi adalah salah satu cara dimana Anda bisa meningkatkan imun tubuh. Dengan gizi yang baik, maka sistem kekebalan tubuh Anda akan lebih kuat, sehingga bisa memberikan perlindungan ekstra bagi tubuh Anda dari berbagai virus penyakit. Ada beberapa bahan makanan yang mengandung gizi yang serta bisa meningkatkan kekebalan tubuh.

Baca Juga: Pola Hidup Sehat Dengan Konsumsi Makanan Yang Bergizi

4.      Atur Pola Makan Yang Teratur

Salah satu cara bagaimana Anda bisa menjaga imun tubuh adalah dengan menerapkan pola makan yang teratur. Dengan pola makan yang tidak teratur, artinya Anda memberikan kesempatan kepada berbagai macam virus. Maka dari itulah penting bagi Anda untuk menerapkan pola makan yang teratur.

5.      Perbanyak Minum Air Putih

Air putih sangat bagus untuk kesehatan tubuh kita, maka dari itu mengkonsumsi air putih adalah salah satu upaya untuk mencegah virus yang masuk di tubuh kita. Selain mengkatkan imun pada tubuh, juga bagus untuk mengatur suhu tubuh.

6.      Olahraga Yang Rutin

Mengapa Anda harus olahraga? Karena, hanya makan yang bergizi saja tidak cukup. Karena dengan olahraga kita bisa membakar lemak dan kalori di dalam tubuh. Sehingga tubuh akan selalu sehat dan imunitas tubuh akan meningkat.

7.      Istirahat yang Cukup

Jangan sepelekan istirahat, istirahat yang baik adalah tidur. Jika kalian sering begadang sebaiknya hindari mulai dari sekarang. Kerjakan pekerjaan kalian di siang hari, malam untuk istirahat.

8.      Hindari stress

Buat pikiran Anda dalam keadaan baik-baik saja, jauhkan dari pikiran strees. Jangan anggap strees bukan bagian dari penurunan imunitas tubuh. Terus berpikir positif bahwa kita akan sehat, meski sekarang ini dihadapi dengan wabah penyakit Corona. Dengan pikiran yang positif, tanpa disadari kita bisa eningkatkan imun tubuh kita.