Cara Optimasi Artikel Agar Page One

Seorang penulis artikel harus tahu bagaimana cara optimasi artikel SEO. Untuk menjadi penulis artikel ternyata butuh banyak syarat. Syaratnya apa? Tentu hal tersebut tergantung jenis artikel yang akan ditulisnya. Beberapa jenis artikel memang harus menggunakan teknik-teknik khusus.

Karena saya adalah salah satu jasa penulis artikel SEO, maka kebanyakan tulisan-tulisan saya terkait dengan artkel SEO. Mulai dari pengertian artikel SEO, sampai pada cara optimasi artikel SEO, dan hal-hal yang berkaitan dengan SEO.

Nah, bagaiaman cara mengoptimasi artikelnya? Dalam artikel akan kami bahas bagamaimana cara atau tips mengoptimasi konten SEO ini. Namun sebelum itu, sebagai dasar sebelum menulis bagaimana artikel ini bisa SEO Friendly. Tentu jangan lewatkan postingan artikel yang sudah saya buat sebelumnya.

Baca Juga: Artikel SEO Friendly

Bagaimana Trik Optimasi Artikel Paling SEO Friendly?

Kadang orang bertanya: Apa itu SEO? Apa itu Artikel SEO Frinedly? Bagaimana Cara membuat Artikel SEO? Seperti yang akan saya bahas ini adalah tips-tips dalam menuliskan artikel SEO yang lebih Friendly. Mari kita simak beberapa langkahnya:

1.       Research Kata Kuci Potensial

Sebelum menulis artikel, Anda sebaiknya menargetan terlebih dahulu kata kunci. Kata kunci apa yang ingin Anda gunakan. Kemudian bagaiamana cara research kata kunci potensial? Kata kunci yang potensial adalah kata kunci yang sering dicari orang. Anda bisa meggunakan tools bantuan gratis.

2.       Cantumkan Kata Kunci Dalam Judul

Langkah selanjutnya adalah buatlah judul semenarik mungkin, namun tetap saja pakailah kaidah SEO. Kaidah SEO untuk optimasi judul pada artikel sangat penting. Caranya adalah, gunakan judul yang menarik pembaca. Namun dalam judul harus terdapat kata kunc atau Keyword.

Misalnya Anda ingin menargetkan kata kunci “Cara Optimasi Artikel SEO”, contoh judul artikelnya, “Cara Optimasi Artikel SEO Paling Friendly”. Tidak ada patokan apakah kata kunci harus diawal atau tengah atau belakang? Sama sekali tidak ada patokan.

Jika saya pribadi lebih suka Judul di Awal. Namun jangan dipaksakan juga. Jika dipaksakan di awal, dan itu tidak menarik, maka hal tersebut konyol menurut saya. Judul yang penting ada keyword target.

3.       Optimasi URL

Setidaknya untuk optimasi postingan artikel di website, buat url yang singkat dan juga representative. Misalnya pada target kata kunci “Optimasi Artikel SEO”, buat URL singkat dengan seingkat mungkin misalnya https//andikawayanreview.com/optimasi-artikel-seo/.

4.       Cantumkan Keyword/ Kata Kunci di Paragraft Awal Artikel

Mencantumkan kata kunci di awal paragraft ini adalah salah satu teknik optimasi artikel SEO terbaik. Karena apa? Sekarang ini google kadang menempatkan meta deskripsi menggunakan 100 kata di awal artikel kita. Meskipun pada postingan website kita taruh manual meta deskripsinya.

Apakah harus di awal paragraf? Pakar penulis artikel SEO menggunakan teknik yang berbeda-beda. Jika tahun 2019 kebelakang, model menggunakan kata kunci pakai strip (-) masih berlaku. Namun tidak pada algoritma google tahun 2020 ini. Tuliskan seacara natural saja jangan ada kesan memaksakan keyword pada paragraf.

5.       Optimalkan Sebaran Kata Kunci Pada Artikel

Mengoptimalkan penyebaran kata kunci di artikel dalam penulisan artikel SEO adalah hal yang tidak boleh ditinggalkan. Penyebaran kata kunci ini adalah trik optimasi artikel terbaik. Namun penyebarannya juga harus proporsional. Google akan menilai baik buruknya penyebaran keyword pada sebuah artikel secara proporsional.

Berapa maksimal dan minimal sebaran kata kunci pada artikel SEO? Jika ada pertanyaan demikian, maka ada beberapa jawaban. Sebelum kita menentukan berapa kata kunci yang harus disebar dalam sebuah artikel SEO tergantung pada jumlah kata keseluruhan artikel yang dibuat. Jumlah kata pada artikel SEO biasanya lebih dari 500 kata.

Dengan demikian, jika jumlah kata dalam artikel 500 kata, sebaran kata kuncinya 5-7 kata kunci. Idealnya kalau saya mengatakan, per 100 kata 1 kata kunci.

Lantas dimana saja kata kunci harus ditempatkan pada setiap artikel? Hal ini pun tidak ada aturan bakunya. Namun saya suka menempatkan kata kunci di awal paragraf, tengah dan akhir paragraf. Sebaran kata kunci usahakan jangan terlalu dekat.

Kesimpulan

Tips di atas adalah salah satu bagaimana cara optimasi artikel SEO yang lebih paling SEO Friendly. Dengan demikian untuk mencapai top level 1 dipencarian google saya rasa sangatlah mudah. Namun harus dipahami bahwa optimasi artikel akan berhasil jika optimasi website Anda sudah SEO Friendly juga.

Baca Juga: Cara Optimasi Website Agar SEO Friendly & Cepat

 

3 thoughts on “Cara Optimasi Artikel Agar Page One”

Leave a Comment