Pesona Indah Pantai Gerangan Tulungagung

Salah satu destinasi wisata Pantai di Tulungagung yang wajib Anda kunjungi adalah Pantai Gerangan. Pantai ini memiliki pemandangan yang indah, bersih dan menenangkan. Lokasinya terletak di area pegunungan Dusun Wonokoyo, Desa Ngrejo, Kecamatan Tanggung Gunung.

Pesona keindahan yang dimiliki Pantai ini tidak jauh beda dengan Pantai di Tulungagung yang lainnya. Dengan hamparan pasir putih yang lembut, disampingnya ada bebatuan kapur yang indah. Air yang jernih bersih terlihat biru yang dikelilingi pepohonan yang hijau dan rindang.

Rute Jalan Menuju Pantai

Bagi para pengunjung yang ingin berwisata kesana bisa menggunakan google maps lebih jelasnya sebagai berikut:

  • Dari kota tulungagung ke kecamatan campurdarat ikuti rute telaga buret, kemudian naik terus ikuti rute Pantai brumbun. Naik gunung melewati ladang jagung warga sekitar.
  • Setelah hampir mendekati Pantai brumbun disitu ada percabangan dan pilih rute Pantai Gerangan , kalau belum tau bisa bertanya pada warga terdekat, sampai ketemu pos masuk Pantai Gerangan.

Saran saya bagi pengunjung yang mau kesana gunakan motor bebek atau motor kopling itu lebih mudah untuk mengakses jalan, karena jalan rusak dan jurang , jangan menggunakan motor metic karena berbahaya.

Selain itu jangan membawa mobil karena jelas akses masuk tidak bisa karena jalan ketika naik ladang jagung itu sempit dan jalan rusak.

Baca Juga: Pantai Sioro

Fasilitas

Beberapa fasilitas di Pantai Gerangan diantaranya:

  • Parkir kendaraan , biasanya dikenakan biaya  ketika hari minggu atau hari libur dengan biaya sekitar Rp 5000 per motor.
  • Mushola
  • Kamar mandi atau MCK. Fasilitas ini baru dibangun akhir- akhir ini dulu masih belum ada dan kami kesulitan untuk mencari kamar mandi, sehingga harus pergi ke rumah warga. Fasilitas kamar mandi ini bayar nya Rp.2000 per orang untuk kencing dan bagi yang mandi dan buang air besar bayarnya Rp.5000 per orang.
  • Rumah makan atau warung yang disediakan oleh warga sekitar.

Wisata Terdekat

Untuk wisata terdekat dari Pantai Gerangan ini yaitu Pantai brumbun dan Pantai sanggar. Untuk harga tiket masuk Pantai Gerangan ini yaiu Rp. 5000 per orang dan itu biasanya Cuma ditarik ketika hari libur saja.

Wahana Wisata

Sekarang di Pantai ini sudah dibangun rumah apung, wahana ini menawarkan sensasi yang berbeda. Bagi para pengunjung yang mau mencoba wahana ini cukup mengeluarkan biaya Rp. 10.000 per orang untuk transpotnya dan untuk masuk wahananya sendiri  dibandrol harga Rp.5000 per orang.

Tips Berkunjung di Pantai Gerangan

Lebih bagus lagi kalau kesana itu pagi hari agar tidak terlalu panas selain itu kita lebih banyak waktu untuk menikmati pemandangan dan pesona Pantai disana, dan setelah solat dzuhur bisa pulang.

Saran saya jangan pulang terlalu sore karena itu  berbahaya, dulu saya pernah ada kejadian setelah pulang dari sana ban motor saya bocor itu saya jalan kaki dorong motor itu hampir setengan jam lebih dengan teman saya akhirnya alhamdulilah ada jasa tembel ban ketika hampir sampai telaga buret.

Dari pengalaman ini kita belajar untuk hati hati dan memenejemen waktu dengan sebaik mungkin, ketika masuk area baru usahakan untuk baca doa bismillah maupun sholawat , terakhir jaga kebersihan , sikap dan perilakunya. Smangat bagi para adventurer yang mau kesana.