Pinjaman Online Solusi Atau Masalah?

Banyak orang sekarang ini menggunakan pinjaman online. Selain prosesnya mudah, juga lebih efektif dan efisien waktu untuk bisa mendapatkan pinjaman itu. Salah satu kemudahan dari pinjaman online ini adalah langsung cair. Inilah yang kemudian dianggap sebagai salah satu kemajuan jaman yang semuanya bisa dengan cepat dilakukan. Bagi sebagian orang, pinjaman yang berbasis online ini menjadi sebuah solusi. Namun juga banyak menganggap ini adalah masalah buatnya. Salah satunya adalah BFI. Nama dari perusahaan ternama yang juga merupakan salah satu platform dari pinjol. Produk layanan tersebut adalah pinjaman dengan jaminan BPKB motor, mobil dan sertifikat rumah.

Pinjaman Jaminan BPKB Motor

Bagi Anda yang sedang membutuhkan pinjaman dana cepat dengan jaminan BPKB motor, datang saja ke kantor cabang BFI Finance terdekat. Pinjaman dana dengan jaminan BPKB motor memiliki bunga flat per bulan sebesar 0,9% dengan suku bunga per tahun sebesar 27%. Minimal pinjaman yang diajukan adalah Rp 1 juta, dengan ketentuan status BPKB atas nama sendiri atau pasangan.

Pinjaman Jaminan BPKB Mobil

Pinjaman dana cepat dengan jaminan BPKB mobil memiliki bunga flat per bulan sebesar 0,95% dan besar suku bunga per tahun 11,5%. Jumlah minimal pengajuan pinjaman adalah Rp. 10 juta dengan tenor 12-48 bulan. Status BPKB kendaraan adalah milik pribadi atau pasangan.

Pinjaman Jaminan Sertifikat Rumah

Pinjaman dana cepat dengan jaminan sertifikat rumah memiliki bunga flat per bulan sebesar 1,03% dengan besaran suku bunga 13%. Minimal dana yang bisa diajukan adalah sebesar Rp. 50 juta dengan tenor 16 sampai 60 bulan. Untuk status sertifikat rumah adalah milik pribadi atau pasangan.

Syarat domisili untuk pinjaman dana dengan jaminan BPKB motor dan mobil adalah berdomisili di Seluruh Indonesia kecuali Aceh dan Madura.

Inilah yang kemudian menjadi salah satu acuan bagi masyarakat yang memiliki beberapa syarat- syarat di atas sudah bisa meminjam dengan cara online. Namun lagi-lagi pinjaman online adalah bagian dari solusi ataukah masalah dalam masyarakat kita? Beberapa referensi yang sudah saya baca dalam sebuah artikel ada beberapa kelebihan dan kekurangan.

Salah satu kelebihan dari pinjaman online ini adalah prosesnya sangat mudah. Kemudian pencairan dana dalam hitungan hari bahkan dalam hitungan jam dan persyaratan tidak begitu ribet. Nah, inilah yang menjadikan adalah satu hal yang masyarakat kita bilang mending pinjam di sini daripada di Bank ribet.

Namun juga ada beberapa kelemahan: Sistem bunga harian, suku bunga tinggi, data pribadi bisa disalah gunakan, dab didatangi penagih jika tidak melakukan pembayaran sesuai perjanjian.

Pada dasarnya sistem pinjaman online ini diciptakan untuk mempermudah kebutuhan finansial masyarakat. Namun masyarakat juga harus berhati-hati terhadap kedok pinjaman online yang ternyata ilegal. Untuk mengantisipasi hal itu, masyarakat bisa mengikuti anjuran dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), untuk hanya menggunakan pinjaman online yang legal. Cek legalitas pinjaman online terlebih dahulu di OJK sebelum memutuskan untuk menggunakan pinjaman ini.

Jika pinjaman online adalah solusi bagi Anda silahkan juga berhati-hati dalam memilih pinjaman online yang sesuai dengan anjuran OJK dan hindari pinjaman online yang tidak terdaftar dalam OJK.

Leave a Comment