Cara Riset Keyword Untuk Website Agar SEO Friendly

Riset Keyword atau pencarian/ riset kata kunci untuk website agar SEO Friendly merupakan hal yang sangat penting. Maka dari itulah seorang yang sedang membangun websitenya agar lebih bagus dengan cara melakukan riset keyword ini dengan benar. Untuk itu, banyak cara yang bisa kita lakukan. Saya akan coba ulas lengkap sampai pada akar-akarnya mengenai riset kata kunci ini. Agar Anda tidak lagi mencari referensi lainnya. Akan saya bahas mulai apa itu riset kata kunci, hingga pada bagaimana caranya.

Apa itu Riset Keyword/ Kata Kunci?

Riset keyword ini merupakan salah satu proses di mana seseorang akan menentukan tema atau kata kunci yang tepat untuk websitenya. Dengan kata lain, ketepatan dalam mencari kata kunci yang tepat, websitenya akan bisa bersaing di halaman pencarian google, bing dan seterusnya.

Ketika seorang penulis artikel mau melakukan ide pencarian kata kunci potensial, trafict blog atau website. Riset ini akan dilakukan untuk mendapatkan pengunjung yang banyak. Ada 2 macam jenis keyword/ kata kunci, yakni Short Tail Keyword dan Long Tail Keyword:

1.       Short Tail Keyword.

Short Tail Keyword adalah frasa umum yang digunakan orang saat menelusuri di mesin telusur yang hanya memiliki satu atau dua kata. Kata kunci ini cirinya masih umum, misalnya “riset keyword”.

2.       Long Tail Keyword.

Long Tail Keyword adalah kebalikan dari short. Istilah ini merupakan kata kunci yang spesifik dan bervolume kecil. Biasanya long tail keyword ini di identikkan dengan panjangnya 3 hingga 4 kata. Pada dasarnya tidak demikian, hal yang mendasar adalah lebih spesifiknya. Bisa jadi 2 kata saja sudah spesifik, itu yang dikatakan long tail.

Cara Mencari Keyword Gratis

Tidak udah bingung-bingung bagaimana Anda bisa mencari kata kunci yang tepat untuk website Anda. Sekarang sudah ada tools gratis research keyword potensial.

1.       Research Keyword Dengan Benar

Hal yang paling mendasar dalam penulisan SEO Friendly adalah research keywod yang bertujuan untuk membidik target pasarnya.

Dalam penulisan artikel SEO, salah satu hal yang paling mendasar adalah menentukan kata kunci yang tepat. Kata kunci yang tepat adalah kata kunci yang banyak dicari orang. Anda bisa menggunakan beberapa tools yang ada.

Bagaimana cara riset keyword? Anda bisa menggunakan tool premium maupun gratisan. Misalnya saja seperti:

  • Google Trends
  • Keyword Sheeter
  • Answer the Public
  • Keyword Surfer
  • Keyworddit
  • io
  • Google Search Console
  • Questiondb
  • Bulk Keyword Generator
  • Google

Dengan menggunakan alat ini kita akan terbantu untuk menentukan kata kunci artikel SEO yang sesuai. Anda bisa memodifikasi beberapa kata kunci. Anda juga bisa menggunakan google sugestion.

Ketikkan ke google lantas di sana akan muncul beberapa rekomendasi kombinasi varian dari kata kunci yang sering dicari orang di internet.

2.       Optimasi Judul (Meta Title) Yang Menarik Sesuai dengan Kaidah SEO

Setelah menentukan kata kunci, tentunya Anda akan membuat sebuah artikel tentang topik atau kata kunci tersebut. Dengan demikian buatlah judul sesuai dengan kaidah SEO.

Bagaimana membuatnya? Selain artikel SEO Friendly ini menarik, Anda harus perhatikan kaidah SEO nya. Update algoritma google terbaru di dalam judul harus ada kata kunci.

Soal penempatannya di mana sebenarnya tidak ada aturan khusus, namun usahakan kata kunci tempatkan di awal judul artikel. Namun jangan paksakan di awal kalau memang tidak sesuai dengan makna isi artikel.

Karena dalam membuat artikel, selain kaidah SEO, Anda juga harus memperhatikan daya tarik dari judul itu sendiri. Sehingga bisa mendatangkan visitor atau pembaca. Karena SEO adalah teknik saja untuk disukai google dan daya tarik juga merupakan salah satu keunikan yang akan di sukai google pula.

3.       Optimasi URL

Optimasi URL sangat penting dalam kaidah SEO, semakin pendek URL akan semakin bagus. Contoh: Kata kunci artikel SEO. Dengan judul “Cara Membuat Artikel SEO”. Maka Anda bisa menggunakan URL sependek mungkin bahkan hanya kata kunci saja. Misal: https://andikawayanreview.com/artikel-seo/.

4.       Optimasi Kata Kunci

Mengoptimasi kata kunci dalam pembuatan artikel SEO tidak boleh Anda abaikan. Caranya bagaimana? Tempatkan kata kunci pada kalimat pertama paragraf awal. Hindari menggunakan strip yang itu terkesan memaksakan.

Contohnya: artikel seo – …. kalau dulu penempatan seperti ini masih berlaku. Namun update algoritma google hari ini lebih menyukai kata kunci yang natural. Artiknya masuk dalam pembahasan artikel.

Contohnya saja seperti: Artikel SEO merupakan hal yang paling penting untuk optimasi website Anda bla bla bla.

Soal penempatan apakah harus di awal kalimat? Kalau saya lebih suka menempatkannya di awal kalimat. Karena ini akan menjadi kunci pada SEO.

Google akan memprioritaskan pada 100 kata pertama dalam artikel dan kata kunci di awal kalimat.  Meskipun dalam metadeskripsi secara manual Anda sudah menuliskan, tapi kadang google memilih 100 kata pertama dari artikel kita.

Namun, lagi-lagi Anda harus ingat bahwa tidak boleh memaksakan kata kunci yang tidak relevan dengan pembahasan topik artikel yang Anda buat. Karena google sudah update algoritma yang itu human logic. Yang artinya artikel ini akan dibaca manusia, sehingga penulisannya pun harus kontekstual dan mudah dipahami oleh manusia pula.

Dengan demikian, artikel SEO ini akan menjadi dasar google menempatkan peringkat pada ranking artikel sesuai dengan paradigma manusia. Inilah yang disebut dengan kualitas artikel SEO.

5.       Sebaran Keyword Yang Merata & Jumlah Kata

Sebaran keyword ini menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan pada saat membuat struktur artikel Seo. Namun, menurut saya, sebaran keyword tidak boleh asal-asalan. Keyword utama dan turunan harus diberlakukan dalam hal ini secara proporsional.

Berapa sebaran keyword dalam satu artikel SEO? Nah, dalam hal ini mungkin kita tidak punya patokan ya. Intinya google lebih suka konten yang panjang. Bisa jadi minimal 500 hingga batas yang tidak ditentukan. Intinya semakin pang isi konten, maka semakin bagus pula penilaian SEO nya.

Sebaran kata kunci pada sebuah artikel harus proporsional juga. Tidak boleh terlalu banyak, dan jangan pula terlalu sedikit. Biasanya saya jika membuat artikel dengan panjang 500 kata, sebaran kata kunci bisa 5 sampai 7.

6.       Optimasi Internal Link & Eksternal Link

Optimasi internal link & eksternal link harus Anda lakukan dalam penulisan konten SEO, baik internal link (inbound link) atau outbond link (link Eksternal).

Mengapa harus menggunakan internal link dan eksternal link? Dalam SEO, internal link akan membantu para visitor dalam menemukan informasi lainnya pada website Anda.

Sedangkan outbond atau eksternal link, bisa meningkatkan kredibilitas website Anda melalui referensi website dengan autoritas tinggi.

7.       Optimasi Meta Deskripsi

Untuk optimasi meta deskripsi biasa, dalam SEO ini diberikan batasan minimal 70 hingga 150 kata. Dalam optimasi ini, Anda harus menyertakan kata kunci di dalamnya. Sehingga akan memudahkan google untuk mencari kata kunci tertarget.

Kesimpulan

Research Keyword bisa Anda lakukan dengan bena runtuk website Anda. Dengan menggunakan beberapa teknik di atas, Anda akan terbantu di dalam mengoptimasi website dengan cara mencari kata-kata kunci yang potensial. Saya sebagai salah satu jasa penulis artikel selalu menggunakan strategi mencari kata kunci yang tepat di dalam menulis artikel.

Leave a Comment