4 Referensi Material Untuk Tangga Putar di Rumah Anda

Penggunaan tangga putar memang menjadi trend tersendiri di beberapa rumah mewah Indonesia. Hal ini dikarenakan estetika dan nilai dekotarif  yang dimiliki oleh tangga jenis ini.

Selain itu, salah satu keunggulan ketika Anda menggunakan tangga model ini ialah menghemat luas rumah yang menjadi penghubung dengan lantai berikutnya.

Sedangkan, kelemahan penggunaan tangga jenis satu ini yaitu kemungkinan Anda ketika hendak membawa cukup banyak barang ke lantai berikutnya akan terhambat karena terbatasnya luas dari tangga tersebut.

Namun, Anda juga tak perlu khawatir karena bentuk tangga jenis ini juga dapat disesuaikan dengan selera anda.

Bahan Dasar Tangga putar

Selain beberapa kekurangan maupun kelebihan yang dapat menjadi pertimbangan Anda ketika menggunakan tangga jenis satu ini.

Maka bahan dasar dari tangga sendiri juga patut diperhatikan untuk menyesuaikan kondisi rumah sampai beban yang mungkin saja dilewati tangga. Berikut beberapa bahan pembuatan tangga.

·         Kayu

Pertama ialah bahan dasar kayu. Menjadi suatu pemandangan yang artistic dan memiliki nilai estetikanya tersendiri ketika Anda menggunakan kayu sebagai bahan dasar dari tangga. Hal ini dikarenakan desain kayu dan teskturnya memberikan corak vintage tersendiri bagi kondisi rumah anda.

Bagi Anda yang menyukai kesan lama dan vintage, maka penggunaan tangga kayu menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk memenuhi selera anda. Bentur putar pun dapat memperkuat kesan vintage yang tercipta.

·         Alumunium

Selanjutnya, ialah bahan dasar yang paling umum digunakan masyarakat Indonesia ketika membangun suatu tangga yakni aluminium. Secara umum, aluminium memiliki kelebihan tersendiri seperti bahan yang mudah didapat dan dipasang sesuai dengan model yang Anda inginkan.

Selain itu, perawatan terhadap tangga dengan bahan aluminium juga lebih mudah dilakukan. Anda tidak memerlukan beberapa penyemprot khusus kayu yang sering digunakan sebagai alat membersihkan kayu yang berdebu.

Selain itu, jenis tangga dengan bahan dasar aluminium, dapat Anda temukan dengan mudah di berbagai tempat.

·         Besi

Kemudian bagi Anda yang gemar dengan dengan kesan artistik, tetapi menghindari jenis vintage maka tangga dengan bahan dasar besi dapat menjadi jawaban yang tepat. Jenis tangga ini memiliki keunggulan seperti kuat dan tahan lama sampai kesan artistik yang lebih mudah ditimbulkan dengan berbagai warna yang Anda inginkan.

Bahkan tangga dengan bahan material besi dapat cocok dengan berbagai jenis interior, mulai dari minimalis sampai mewah.

Hal ini tergantung dengan selera Anda juga. Ditambah lagi, tangga dengan bahan besi mampu menghemat pengeluaran biaya Anda karena harga yang cukup terjangkau.

·         Beton

Terakhir, ialah jenis tangga dengan bahan dasar beton. Tangga jenis ini memang cukup jarang ditemukan pada rumah-rumah dengan desain modern atau minimalis karena pembuatannya yang cukup mahal dan ketidakefisienan dalam memakan tempat.

Sehingga, tangga dengan bahan dasar beton sangat cocok digunakan pada rumah dengan luas lahan yang cukup lebar dan ingin menampilkan berbagai kesan mewah dari semua sisi. Misalnya saja, dari sisi atas tangga yang mampu membuat rumah menjadi lebih mewah dan terlihat elegan.

Nah, di atas adalah beberapa keunggulan dan kekurangan dari bahan dasar pembuatan tangga putar. Secara garis besar, tangga ini cocok digunakan pada rumah yang memiliki luas yang besar. Hanya saja juga bisa dimanfaatkan untuk menjadi penghubung pada rumah minimalis dengan mempersempit ruang untuk menaiki tangga.  Anda bisa memilih jasa tangga putar terbaik untuk pemasangan tangga dalam hunian Anda.

Leave a Comment