Tips Berjualan di Instagram Dengan Omset Gede

Sekarang ini jualan di media sosial sungguh sudah tidak asing lagi di kita. Salah satu platform terbaik berjualan adalah di IG atau Instagram. Banyak sekali pengguna instagram dan berjualan di sana. Namun tidak banyak yang tahu bagaimana cara  berjualan di instagram agar maksimal dengan omset yang gede.

Tahun 2021 ini Instagram banyak data yang sudah keluar dari instagram itu sendiri. Salah satunya adalah hamper dari 75% iklan yang ada di IG melakukan tindakan mengujungi website atau melakukan proses closing pembelian kepada pengiklan. Maka dari itu, disini banyak sekali peluang besar jika kita mau mengoptimalkan dengan baik.

Optimasi Berjualan di Instagram

Mari kita simak bagaimana cara meningkatkan penjualan di Instagram sesuai dengan algoritma instagram terkini:

1.       Optimalkan Profil Bisnis Instagram Anda.

Jika ingin hasil lebih maksimal dalam berjualan di Instagram ini. Salah satu caranya adalah dengan mengoptimasi atau mengoptimalkan profil Anda di instagram bisnis. Hal ini berarti Anda harus berusaha lebih keras lagi untuk membuat feed Instagram. Tidak hanya itu saja, ada beberapa hal yang harus Anda lengkapi:

§  Melengkapi Foto Profil.

Melengkapi foto profil dengan brand jualan Anda adalah wajib hukumnya. Misalnya saja seperti logo, atau foto yang membuat perusahaan atau toko Anda mudah dikenal orang banyak.

§  Membuat BIO sebagus Mungkin.

Membuat BIO yang bagus ini saya maksudkan adalah sesuai dengan algoritma yang berkembang saat ini. BIO pada instagram ini sangat penting Anda isi sesuai dengan kata kunci tertarget atau target jualan Anda. Berilah penjelasan di BIO tentang apa bisnis Anda tersebut. Jadi audiens akan dipermudah mengenal Anda melalui BIO tersebut.

§  Buat Link menuju toko Anda.

Maksimalkan menanam link pada Instagram menuju ke website utama Anda. Ini adalah salah satu metode yang bagus sekali digunakan agar Anda tahu traffic visitor pengunjung Anda dari Instagram.

2.       Mengguakan Instagram Ads

Seiring dengan seringnya perubahan algoritma Instagram dan meningkatnya persaingan di platform, penting untuk menggunakan hal yang terbukti berhasil. Setelah Anda menyiapkan profil bisnis di Instagram, Anda dapat memutuskan berapa banyak budget iklan yang ingin Anda keluarkan, di mana Anda ingin iklan dilihat, dan berapa lama Anda ingin iklan tersebut berjalan.

Instagram menyediakan berbagai pilihan penargetan, sehingga Anda dapat memilih demografi yang paling sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Menjalankan campaign Instagram Ads sendiri tidaklah sulit, tetapi tampilannya dapat mengintimidasi banyak pemilik bisnis kecil dan influencer yang belum pernah melakukannya.  Untungnya, ini tidak sesulit yang Anda pikirkan.

Cara termudah untuk menjalankan iklan adalah dengan mempromosikan postingan yang telah Anda post di Instagram.  Cukup pilih postingan yang ingin Anda tingkatkan dan tekan tombol “promote“. Dengan demikian, Instagram akan secara otomatis menarik audiens yang serupa dengan followers Anda saat ini. namun, Anda juga bisa dengan mudah menyeleksi target audiens Anda sendiri di aplikasi dengan memilih minat, rentang usia, dan jenis kelamin.

Setelah Anda menyiapkan audiens dan budget, pastikan untuk crosscheck iklan Anda sekali lagi sebelum menekan “Confirm”. Anda dapat memulai dengan budget kecil dan menjalankan iklan Anda selama beberapa hari untuk menguji semuanya.

Untuk melacak bagaimana performa iklan Anda, klik “View Results” di sudut kiri bawah iklan Anda.    Ingat, Instagram Ads dapat membutuhkan latihan, jadi pastikan Anda terus menyesuaikan postingan dan audiens yang ditingkatkan sampai Anda mendapatkan hasil yang Anda inginkan. Iklan Instagram terbaik untuk mendorong penjualan e-commerce harus memiliki pesan yang menjelaskan dengan jelas cara melakukan pembelian.

3.       Membuat Instagram Stories Dengan Link Produk

Salah satu bagaimana cara berjualan di instagram dengan maksimal adalah dengan menggunakan atau membuat instagram stories dengan link-link produk jualan Anda. Fitur ini adalah yang terbaik dalam menemukan pelanggan di IG.

Instagram Stories ini juga memberikan peluang yang sangat sempurna bagi bisnis untuk terlibat dengan audiens secara langsung. Banyak sekali brand yang menggunakan Instagram Stories untuk merekam produk jualan mereka semuanya.

Saat menambahkan link ke Instagram Stories, Anda akan melihat panah kecil dan teks “See More” muncul di bagian bawah gambar Anda.   Karena teks kecil ini sering luput dari perhatian, Anda dapat menambahkan teks yang mengarahkan pengguna untuk “Swipe Up” (atau yang serupa) untuk menambah visibilitas.

Algoritma Instagram sekarang memperhitungkan semua interaksi yang Anda terima di IG story Anda, seperti reply dan share.  Semakin banyak pengguna berinteraksi dengan IG story Anda, semakin besar kemungkinan postingan Anda akan muncul di feed mereka. Trik bagus untuk menyiasati algoritma adalah dengan memanfaatkan engagement di Instagram Stories, seperti menggunakan fitur polling atau yang lainnya.

4.        Membangun Feed Instagram yang Dapat Dibeli

Integrasi fitur belanja Shopify juga merupakan fitur yang tak boleh dilewatkan oleh mereka yang ingin tahu cara jualan di Instagram.  Fitur belanja Instagram memungkinkan bisnis untuk tagging produk yang tersedia untuk dijual dan memungkinkan pengguna membelinya langsung di dalam aplikasi.

Plugin Shopify seperti Shoppable Instagram Galeries memudahkan bisnis Anda melakukan jualan di instagram.  Fitur Pembelian Instan memungkinkan pengunjung menambahkan item ke keranjang dan membeli produk langsung dari gambar di feed Instagram Anda.  Pebisnis dapat membuat custom gallery untuk memamerkan produk mereka dan menambahkan link galeri ke bio Instagram mereka.

5.       Promosi Khusus di Instagram

Pembeli manapun pasti menyukai diskon atau promosi yang bagus. Instagram adalah tempat yang tepat untuk mempromosikan diskon, peluncuran produk baru, atau kode diskon khusus untuk pengikut Anda. Anda dapat menambahkan info promo Anda dalam caption atau di IG Stories, mendorong audiens untuk mengklik link di bio Anda untuk memanfaatkan penawaran tersebut.

Jika Anda menjalankan promosi eksklusif di Instagram, Anda juga dapat membuat teaser di media sosial Anda yang lain untuk mengarahkan traffic ke profil Instagram bisnis Anda.   Mempromosikan promosi eksklusif khusus Instagram (misalnya, kode diskon khusus untuk followers) di antara jejaring sosial Anda yang lain akan mendorong audiens untuk mengikuti akun Instagram Anda untuk memastikan mereka tidak ketinggalan penawaran di masa mendatang.

Leave a Comment