6 Tips Menulis Artikel yang Baik

6 Tips Menulis Artikel yang Baik – Setiap pengalaman yang tidak dinilai, baik oleh dirinya sendiri ataupun oleh orang lain, akan tinggal menjadi sesobek kertas dari buku hidup yang tidak punya makna. Padahal setiap pengalaman tak lain dari pada fondasi kehidupan. Maka belajarlah kau menilai pengalamanmu sendiri. (Nyanyi Sunyi Seorang Bisu, jilid 2, 273)

Menulis adalah bagian dari hoby ku, meski terkesan abal-abal. Itulah jurus yang sering saya buat menulis tidak ada ide menulis, karena banyak sekali yang mengatakan. Kenapa menulis bisa menulisn itu hanya abal-abal saja. Sementara itu sebaliknya malah saya jadikan tantangan khusus bagi saya untuk selalu menulis. Hemat saja, menulis tidak harus pinter nulis dulu, namun kemauannya (semangat).

Saya sendiri memfokuskan menulis di blog, menulis di blog memang saya prioritaskan dan paling utama. Karena mungkin menurut saya hari ini yang lebih efektif untuk berbagi informasi. Apalagi jika kita aktif di media sosial misal FB, twitter dan media sosial lainnya. Kita berbagi tulisan-tulisan kita di medsos.

Nah, sedikit berbagi pengalaman nge-blog, rata-rata blogger yang sudah cukup lama menekuni blogging. Dan paham tentang yang ada dengan blog pasti sudah bisa membuat blog banyak. Beda lagi dengan blogger pemula dan ilmu bloggingnya masih sangat dangkal. Pasti dirinya cuma memfokuskan satu blog untuk beberapa tema (blog gado gado).

Diantara sekian blog yang kita miliki dan kelola ada yang disetujui blog yang kita anggap unggul. Dari blog yang paling diunggulkan itu bisa dimaksimalkan untuk mendatangkan rezeki yang beraneka ragam.

Saya sendiri setuju, dengan punya blog tidak harus menghasilkan uang dalam bentuk materi seperti uang, mobil, gadget mewah. Tidak seperti itu, tidak perlu menghasilkan uang dari google adsense dan program program yang menghasilkan uang lainnya. Asal menyanyikan empu blog rajin menulis, posting yang lebih dari 20 hari seperti blogger asal nigeria lindaikeji.blogspot.com hanya dengan blog gratisan asal rajin posting akan menggunakan rezeki yang telah dibeli oleh Allah untuk umatnya.

Dan otomatis meminjam memang rajin dan tidak lupa merawat lama lama rating blog yang kita setujui akan meningkat, kita tidak akan tahu kapan saja. tapi blogger itu harus mendukung dan memberi ke tawakkal kepada sang pemberi rezeki pasrahkan kepada – Nya.

Dan dari kerajinan kita menulis di blog, bisa jadi rezekinya tulisan blog kita dibukukan oleh penerbit yang mau diterbitkannnya. misalnya kompilasi tulisan blog kita banyak membahas cerpen asli karangan sendiri bisa jadi milik pihak tertentu

Sungguh luar biasa girangnya, sulit senangnya kita bukan?

Jika blog kita ada profil yang jelas, alamat, media sosial yang dipunyai, email hingga nomer hape yang aktif itu semua terpampang di halaman blog kita misalnya: tentang saya dan kontak. Semakin banyak artikel di blog kita membuat pengunjung ingin datang kembali kita, apakah ada hal hal baru dalam materi blog kita. Bila tidak ada yang baru bisa jadi tidak akan kembali lagi.

Maka dari itu, teruslah ditulis secara rutin dan konsisten. lakukan semua itu dengan senang hati bukan karena bersenang-senang. biarlah artikel posting blog Anda Berjalan secara alami. Biarlah hasil yang diharapkan, tidak disangka sangka.

Keberhasilan yang diraih seperti ini akan mendatangkan kebahagian yang luar biasa. biarlah waktu yang akan menjawab. Tapi jangan sia-siakan waktu. Sukses tidak diperoleh dengan menyiakan waktu, ini dalam menulis dan blogging.

Banyak cara untuk mengajak untuk selalu menulis dalam keadaan apapun. Saya rasa tentang penting dan manfaatnya ditulis bukan sesuatu hal yang harus kita perdebatkan lagi. Karena semua pasti akan mengiyakan dan membenarkan apa pun pentingnya hal tersebut, khususnya bagi para mahasiswa. Mereka harus selalu memperkaya dan memupuk intelektualitas serta profesionalitas dalam dirinya.

Penulis Haderi mengajak kita semua untuk selalu menulis. Apapun itu, Harus dituliskan katanya. Tulis apa yang kau rasakan, kau dengar, kau lihat, dan kau alami. Tegasnya. Ada banyak hal di atas dunia ini yang harus dituliskan tanpa perlu menunggu datangnya ilham dari langit.

Saya rasa dalam pelatihan / sekolah jurnalis yang bertemakan “Tehnik Wawancara san Reportase” tadi malam. Merupakan momen yang tepat untuk mengaktualisasikan atau mengatur sesuatu yang kita inginkan. Baik tulisan dalam model berita atau esai.

Tips Menulis

Menulislah, dengan menulis kau dikenal dunia. Ungkapan tersebut sebenarnya terlalu berlebihan. Diberi manfaat menulis sudah tidak lagi menjadi sebuah kapal. Namun yang jadi soal adalah bagaimana cara dan dimulai dari mana yang ditulis tersebut? inilah tips dan mantra untuk bisa menulis, meskipun tips yang ditulis ini kurang bermutu, minimal bisa memberi kemanfaatan.

1. Mulailah

Anda harus berlatih / menggerakkan tangan untuk menganggkat pena serta menulis apa saja yang terlintas dalam pikiran anda, karena menulis Integrasi pikiran dan tangan.

2. Buatlah Tuisan Original

Naturalisasi tulisan anda, lebih prioritaskan. Karena itu adalah pikiran pertama anda (original), yaitu menulislah dan jangan dikoreksi sebelum selesai. Diamkan hasil tulisan tersebut pada beberapa saat, setelah itu buka dan kembali untuk merevisi tulisan-tulisan yang Anda anggap kurang tepat. Dan terus dilakukan secara berulang-ulang, yakni tulis dan koreksi.

3. Dengarkan Kritik & Saran Dari Orang Lain

Dengarkan kritik dan saran dari orang lain, karena kritik atas tulisanmu menandakan banyaknya orang mau membaca dan peduli atas tulisan-tulisan tersebut. Sehingga anda akan lebih giat kembali untuk meningkatkan kualitas tulisan tersebut.

4. Datangkan Inspirasi dan Imajinasi

Imajinasi selalu hadirkan ditengah-tengah gagasan atau ide anda pada saat itu. “Imajinasi lebih penting pengetahuan”, (Albert Einstein). Yakni lebih kaya pengetahuan, artinya selain pengetahuan / intelektual yang diperlukan, yaitu keseimbangan yang diperlukan dan intelektual. Kekayaan imajinasilah yang akan membawa Anda larut dalam tarian pena-pena itu.

5. Carilah Ide lalu Kerjakan

Kerjakan dan tulislah ide ide awal anda pada saat itu juga. Agar anda tidak lupa, dan itu bisa melatih produktifitas anda dalam menulis.

6. Amati dan Banyaklah Baca

Amati dan bacalah apa saja, buku atau relaitas yang ada disekitar untuk menambah pengetahuan dan inspirasi anda dalam menulis.

Nah, ini hanya tip Menulis dari saya. Meskipun tips ini hanya pandangan dan opini yang dibuat dari pengalaman keseharian penulis. Barangkali dapat membawa kemanfaatan bagi penulis sendiri maupun pembaca.

Leave a Comment