Nikmati Keindahan Pantai Sioro Tulungagung

Pantai sioro adalah salah satu pantai yang berada di Kecamatan Tanggunggungung, Kabupaten Tulungagung yang berdekatan dengan Pantai Brumbun Tulungagung.  Pantai Sioro ini juga merupakan pantai di Tulungagung yang banyak sekali dkunjungi oleh para wisatawan.

Jika Anda pergi ke beberapa tempat wisata di Tulungagung, maka salah satu tempat wisata Tulungagung yang tidak boleh Anda lewatkan adalah pantai Sioro ini.

Apa yang menjadi daya tarik dari pantai Tulungagung ini? salah satunya adalah tempatnya yang masih asri dan sangat jarang terjamah. Selain itu di pinggir pantai ini ada tebing karang sehingga bisa menikmati pantai dan karang sekaligus.

Rute Jalan Menuju Pantai Sioro

Bagaimana kalian bisa sampai ke sana? Untuk bisa ke sana kalian kayaknya belum bisa  menggunakan google map sampai tujuan. Karena di daerah pantai sana, beberapa provider belum bisa digunakan. Nah lebih amannya, kalian ikuti beberapa petunjuk di bawah ini:

1. Dari pusat kota tulungagung menuju arah selatan mengikuti petunjuk arah ke pantai popoh ataupun kecamatan campurdarat.
  2. Ikuti jalan hingga map saja ke pasar campurdarat. Setelah sampai di pertigaan pasar campurdarat kalian ambil arah ke selatan hingga sampai jalur pantai popoh. Map saja ke SMA N 1 Campurdarat.
  3. Setelah sampai pertigaan SMAN 1 Ccampurdarat ambil arah ke timur atau kalau dari utara arah kiri menuju arah kecamatan Tanggunggunung.
  4. Ikuti jalan berkelok – kelok di atas gunung hingga menemukan pertigaan arah pantai brumbun. Nama desa pertigaan tersebut Ngepoh (kalian bisa Tanya orang di sana)
  5. Pertigaan ini berjarak sekitar 5 km dari pertigaan sebelumnya.
  6. Di pertigaan tersebut belok ke arah kanan dari barat atau arah ambil arah selatan menuju arah pantai brumbun.
  7. Sekitar 1km terdapat perkampungan penduduk, di perkampungan tersebut ada pertigaan dan ambil ke arah kiri menuju arah balai desa Ngrejo.
  8. Setelah melewati balaidesa ngrejo kecamatan tanggunggunung sebaiknya tanya ke penduduk arah pantai Sioro karena akan banyak melewati persimpangan di tengah ladang jagung.

Sesuai dengan petunjuk google map Pantai Sioro Tulungagung, kalian bisa ikuti petunjuk di bawah ini:

• Dari terminal Gayatri Tulungagung Karangwaru, Kutoanyar, Kec. Tulungagung, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66215 ambil arah selatan menuju Jl. Nasional III 2 dtk (10 m).
  • Ambil Jl. Ki Mangun Sarkoro dan Jl. Raya Boyolangu ke Jl. Sokolimo di Campurjanggrang 20 mnt (12,5 km)
  • Terus ke Ngepoh 15 mnt (8,8 km)
  • Terus ke Jl. Tanggung-Campurdarat 45 dtk (500 m)
  • Tetap di Jl. Pantai Brumbun ke tujuan Anda di Area Pegunungan 32 mnt (9,9 km) Pantai Sioro

Fasilitas di Pantai Sioro

Pantai ini tergolong pantai yang tersembunyi. Berada jauh dari perkampungan dam melewati ladang. Untuk mencapai pantai ini pun harus melewati medan yang lumayan ekstrim. Tidak ada fasilitas apapun di pantai ini karena letaknya yang jauh dari pemukiman. Namun sangat cocok bagi Anda semaunya jika ke sana mendirikan tenda untuk pergi kemping.

Lebih disarankan untuk mendirikan tenda di dekat kebun warga. Walaupun agak jauh dari pantai namun tempai ini adalah salah satu tempat yang paling aman. Karena jika kalian mendirikan tenda di tepi pantai akan sangat rawan terkena ombak dan juga angin.

Sebaiknya hindari berkunjung ke Pantai ini pada saat hujan, karena jalannya belum mendukung untuk itu. Pantai Sioro ini sangat cocok untuk kalian yang suka trip.

Tempat Wisata Terdekat Disekitar Pantai Sioro

Kalian jika tidak puas kemana harus menjelajah seluruh Wisata Pantai di Tulungagung, maka beberapa pantai terdekat dari pantai Sioro ini adalah pantai Brumbun dan Gerangan.

Baca Juga: Pantai Brumbun Tulungagung

Hal – Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Berkunjung ke Pantai Sioro

Perhatikan beberapa hal sebelum kalian ke salah satu destinasi wisata pantai di Tulungagung ini. Jalan yang dilalui dari desa terakhir ke pantai adalah jalan setapak, sehingga pengunjung hanya bisa menggunakan sepeda motor. Maka dari itu pastikan juga:

• Cek kendaraan kalian sebelum berangkat, terutama ban dan bensin
  • Bawa kunci ganda untuk mengamankan sepeda motor karena harus ditinggal di kebun warga.
  • Bawalah air dari kota karena di tempat ini tidak ada penjual minuman.
  • Siapkan fisik yang prima karena harus menempuh jalan yang ekstrim.
  • Jangan mandi di laut karena ombaknya cukup besar.

Beberapa hal di atas adalah review tentang pantai Sioro Tulungagung yang merupakan salah satu destinasi wisata Tulungagung yang wajib kalian kunjungi pada saat berwisata di Tulungagung. Selamat menikmati liburan kalian dengan keluarga di Pantai Sioro.